Breaking News

Wisata Sawah di Pulau Sumba, NTT

Sebagian wisatawan mungkin belum terlalu akrab dengan Pulau Sumba, salah satu pulau yang berada di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Padahal, kawasan ini menyimpan kekayaan alam yang cantik untuk dinikmati.

Nah, apabila Anda ingin menjadi saksi keindahan alam yang tak ada bandingnya ini, sempatkanlah waktu sejenak untuk berkunjung ke Tanah Sumba. Ada beberapa maskapai yang mendarat di bandar udara Tambulaka, salah satunya adalah Garuda Indonesia. Mengutip Skyscanner berikut 5 tempat wisata populer di Sumba:

1. Waikelo Sawah
Waikelo Sawah merupakan objek wisata berupa air terjun dan bendungan buatan. Awalnya, air terjun ini merupakan bagian dari pembangkit listrik tenaga air dan telah dikelola sejak 1976 oleh pihak pemerintah. Waikelo Sawah memiliki debit air hingga 1.000 liter per detik.

Air yang mengalir di Waikelo Sawah dipergunakan oleh warga setempat sebagai sumber air bersih, terutama untuk mandi. Selain itu, limpahan air ini juga sangat membantu petani karena dialirkan ke sawah-sawah di sekitarnya.

Pemandangan di sekeliling Waikelo Sawah sangat cantik. Panorama alamnya memesona dan masih alami. Warna hijau tanaman yang tumbuh subur di tebing-tebing sekelilingnya membuat suasana menjadi terasa sejuk.

Ada beberapa gua megah dan laguna gua bisa dijumpai di sini. Salah satunya, sebuah objek berbentuk mirip pintu dan terbuat dari batu. Keberadaan objek ini semakin membuat Waikelo Sawah terlihat eksotis dan menarik.

2. Selanjutnya

Tidak ada komentar